LOGO bappeda
Beranda > Berita > Pemda Lombok Barat Menampung Aspirasi Masyarakat Melalui Forum Konsultasi …
Berita Utama

PEMDA LOMBOK BARAT MENAMPUNG ASPIRASI MASYARAKAT MELALUI FORUM KONSULTASI PUBLIK UNTUK PENYUSUNAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN LOMBOK BARAT TAHUN 2025

Posting oleh bappedalobar - 29 Feb. 2024 - Dilihat 700 kali

Rabu, 28 Februari 2024, Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Barat melaksanakan Forum Konsultasi Publik (FKP) Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2025 di Aula Hotel Jayakarta, Senggigi. Forum Konsultasi Publik ini dilaksanakan dalam rangka memperoleh masukan dan saran penyempurnaan sesuai amanat pasal 80 Permendagri Nomor 86 tahun 2017 yang menyatakan bahwa Rancangan Awal RKPD wajib dibahas bersama Kepala Perangkat Daerah dan Pemangku Kepentingan melalui Forum Konsultasi Publik.

FKP Rancangan Awal RKPD Tahun 2025 ini, menghadirkan Bupati Lombok Barat yang diwakili oleh Bapak Sekretaris Daerah, H.Ilham,S.Pd.,M.Pd., Ketua DPRD yang diwakili Wakil Ketua DPRD, Nurul Adha, Kepala BPKP NTB, seluruh pimpinan Perangkat Daerah beserta jajarannya, serta seluruh pemangku kepentingan, NGO, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan perwakilan Disabilitas untuk  mendiskusikan bagaimana pembangunan Kabupaten Lombok Barat pada tahun 2025.

Acara diawali dengan Laporan Ketua Panitia, yang disampaikan oleh Kepala Bidang Litbangrenbang, Deny Arif Nugroho,S.T.,M.E. dan dilanjutkan Sambutan Bupati Lombok Barat, yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah. Adapun yang menjadi penekanan Bupati Lombok Barat adalah Komitmen Seluruh Kepala Perangkat Daerah dalam merencanakan program, kegiatan, dan sub-kegiatan serta menentukan Indikator yang sesuai dan selaras demi terwujudnya Tujuan dan Sasaran Daerah. Selanjutnya Sekretaris Daerah menambahkan bahwa Perencanaan dalam RKPD 2025 jangan dijadikan sebagai formalitas saja, akan tetapi dijadikan upaya untuk meningkatkan efektifitas perencanaan dan penganggaran di Kabupaten Lombok Barat.

Setelah penyampaian Bupati sekaligus membuka secara resmi acara FKP RKPD 2025, dilanjutkan oleh narasumber dari Kepala BPKP NTB yang menjelaskan hasil evaluasinya, kemudian Ibu Wakil Ketua DPRD Lombok Barat, Ibu Nurul Adha yang menyampaikan pentingnya sinkronisasi dan keselarasan antara Lembaga Legislastif dan Eksekutif khususnya mengenai Pokok-Pokok Pikiran DPRD dengan Program Kegiatan yang ada di Eksekutif agar tercipta keselarasan demi penyelesaian permasalahan dan isu strategis daerah. Selanjutnya, Kepala Bappeda Kabupaten Lombok Barat, H.Akhmad Saikhu menyampaikan gambaran umum kondisi Kabupaten Lombok Barat serta capaian Indikator Makro pembangunan dan terakhir masuk ke dalam sesi Diskusi dengan seluruh peserta yang hadir.

Secara umum pelaksanaan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Lombok Barat Tahun 2025 ini terlaksana dengan sukses dan mampu menampung berbagai aspirasi dari berbagai pihak. Berbagai aspirasi ini nantinya akan menjadi bahan penyempurnaan dalam dokumen Rancangan RKPD Kabupaten Lombok Barat dan akan ditajamkan Kembali dalam Musrenbang Kecamatan, Forum Perangkat Daerah, dan Musrenbang RKPD.

 

______________________________

Bappeda Kabupaten Lombok Barat 

M.Satrio Ramadhan,S.IP


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *