LOGO bappeda
Beranda > Berita > Musrenbang Rpjpd Tahun 2025-2045 Dan Musrenbang Rkpd Tahun 2025 Kabupaten …
Berita Utama

MUSRENBANG RPJPD TAHUN 2025-2045 DAN MUSRENBANG RKPD TAHUN 2025 KABUPATEN LOMBOK BARAT

Posting oleh bappedalobar - 26 Maret 2024 - Dilihat 433 kali

(Senggigi, 26/03/2024) Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Barat menyelenggarakan Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Tahun 2025-2045 dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2025 selama 3 hari mulai dari tanggal 26 s/d 28 Maret 2024 di Hotel Merumatta, Senggigi. Pelaksanaan Musrenbang ini merupakan kegiatan yang sangat strategis dan memiliki nilai positif sebagai salah satu forum koordinasi antara pemangku kepentingan di Kabupaten Lombok Barat untuk merumuskan permasalahan, isu strategis, visi, misi, serta arah pembangunan selama kurun waktu 20 tahun ke depan dari tahun 2025 sampai dengan 2045, dan merumuskan kebijakan program dan kegiatan prioritas pembangunan tahunan daerah yang tertuang dalam dokumen RKPD tahun 2025. Dengan mendasari percepatan penyelesaian permasalahan strategis, yang muara akhirnya adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dalam sambutannya Bupati Lombok Barat yang diwakili Sekretaris Daerah, H.Ilham menyampaikan, dengan memperhatikan evaluasi capaian dua dasawarsa terakhir dan potensi yang kita miliki, maka telah dirumuskan Visi 20 tahun ke depan Kabupaten Lombok Barat "Lombok Barat Maju Berdaya Saing dan Berkelanjutan". Dengan Misi yang imperative dengan misi RPJPN dan RPJPD Provinsi NTB yaitu meliputi 8 misi, transformasi social, transformasi ekonomi, transformasi tata kelola, keamanan daerah tangguh, demokrasi substansial dan stabilitas ekonomi makro daerah, ketahanan sosial budaya dan ekologi, sarana dan prasarana yang berkualitas dan ramah lingkungan; serta kesinambungan pembangunan. Untuk mengukur capaian, telah ditetapkan indikator sampai dengan tahun 2045, antara lain PDRB, gini rasio, Tingkat Pengangguran Terbuka, IPM dan seterusnya.

Selanjutnya, Bupati Lombok Barat menyampaikan bahwa tema pembangunan Lombok Barat Tahun 2025 ialah Percepatan Penguatan SDM Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Inklusif Berkelanjutan dengan 7 prioritas yaitu 1) Pengentasan kemiskinan dan ketimpangan pendapatan; 2) Peningkatan kesempatan kerja dan perluasan lapangan berusaha; 3) Peningkatan konektivitas dan akses infrastruktur; 4) Peningkatan daya saing daerah; 5) Peningkatan kualitas lingkungan hidup; 6) Produktivitas ekonomi berkelanjutan; dan 7) Peningkatan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih.

Dalam Musrenbang ini, hadir Kepala Bappeda Provinsi NTB, H.Iswandi yang menyampaikan paparan tentang Pemangunan NTB 20 Tahun Kedepan. Kepala Bappeda Provinsi NTB menyampaikan bahwa Visi Pembangunan Provinsi NTB dalam RPJPD 2025-2045 ialah NTB EMAS (Mempercepat Pembangunan Ekonomi dengan dukungan Pembangunan Manusia dan Pembangunan Ekosistem yang Aman dan Berkelanjutan untuk mencapai Kehidupan Masyarakat yang Sejahtera). Visi NTB EMAS diambil dengan dasar pada tahun 2045 NTB di Cita - citakan dapat Mencapai Masa Keemasannya. Untuk mendukung ketercapaian Visi tersebut, Kepala Bappeda Provinsi menyampaikan Pilar Pembangunan NTB yaitu NTB MAJU, KUAT, AMAN BERKELANJUTAN DAN SEJAHTERA. Ekonomi MAJU ; Sumber Daya Manusia Yang Kompetitif, Unggul, Andal Dan Taqwa (KUAT) ; Daerah Yang AMAN BERKELANJUTAN Sepanjang Masa ; Dan Masyarakatnya SEJAHTERA Lahiriah (Fisik) Dan Batiniah (Rohani). Perencanaan pembangunan RPJPD 2025-2045 harus dengan Strategi Baru dan dalam prinsipnya Provinsi NTB harus mengikuti arah dan kebijakan Nasional dan begitupun Kabupaten/Kota menyelaraskan sehingga perencanaan pembangunan kita terintegrasi termasuk menggunakan 45 Indikator Pembangunan yang telah ditetapkan secara Nasional.

Adapun arah kebijakan nasional pembangunan Provinsi NTB diarahkan menjadi Super Prioritas dan Superapp Pariwisata dan Kabupaten Lombok Barat menjadi gerbang laut Pariwisata NTB.  Kabupaten Lombok Barat harus memastikan Pariwisata Lombok Barat terintegrasi dan berkelanjutan secara Provinsi NTB.

Secara umum disampaikan juga Prioritas Pembangunan NTB pada tahun 2025 diantaranya : Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi Tanpa Tambang; Pembangunan Manusia; Pembangunan Lingkungan; Pembangunan Kesejahteraan; Peningkatan Tata Kelola Pemerintahan Daerah; Peningkatan Komitmen Dan Capaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs); dan Peningkatan Dayasaing Daerah.

Setelah pemaparan Kepala Bappeda Provinsi, dilanjutkan pemaparan oleh Sekretaris Daerah Lombok Barat dan Kepala Bappeda Kabupaten Lombok Barat yang menegaskan kembali Visi Lombok Barat Maju, Berdaya Saing, dan Berkelanjutan dan 8 Misi Pembangunan untuk Tahun 2025-2045 serta penyampaian secara umum Gambaran, Capaian, dan Target Pembangunan Lombok Barat Tahun 2025. Setelah berbagai pemaparan, acara dilanjutkan dengan Sesi Diskusi atau Tanya Jawab dengan Narasumber dan secara umum terlaksana dengan penuh partisipatif dari berbagai peserta. 

Pada hari kedua akan dilaksanakan sidang klinis untuk menajamkan usulan Hasil Musrenbang Tingkat Kecamatan, penyelarasan perencanaan pembangunan, dan penyempurnaan Rancangan RKPD menjadi Rancangan Akhir. Selanjutnya pada hari ketiga, Musrenbang akan fokus pada penyempurnaan Rancangan Musrenbang RPJPD 2025-2045 menjadi Rancangan Akhir.

 

 

_______________________

M.Satrio Ramadhan, S.IP

Bappeda Lombok Barat


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *