LOGO bappeda
Beranda > Berita > Forum Perangkat Daerah : Penajaman Aspirasi Masyarakat Lombok Barat
Berita Utama

FORUM PERANGKAT DAERAH : PENAJAMAN ASPIRASI MASYARAKAT LOMBOK BARAT

Posting oleh bappedalobar - 28 Feb. 2023 - Dilihat 1.390 kali

Senin, 27 Februari 2023 - Bappeda Kabupaten Lombok Barat memfasilitasi penyelenggaraan Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah di Kantor Bappeda Kabupaten Lombok Barat. Forum ini dihadiri oleh empat utusan dari setiap Kecamatan di Lombok Barat dan Perangkat Daerah terkait. Kegiatan ini diselenggarakan atas dasar amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 bahwa dalam proses penyusunan Racangan Awal Rencana Kerja (RENJA) Perangkat Daerah perlu dilaksanakan Forum Perangkat Daerah. Forum Perangkat Daerah ini merupakan forum yang diselenggarakan oleh Perangkat Daerah dengan tujuan untuk memperoleh saran dan pertimbangan dalam penyempurnaan Rancangan Awal Rencana Kerja (RENJA) Perangkat Daerah.

Forum Perangkat Daerah ini dalam pelaksanaannya dibagi kedalam tiga bidang sesuai dengan bidang koordinasi pada Bappeda Kabupaten Lombok Barat yang terdiri atas Bidang Sosial Budaya, Bidang Ekonomi, dan Bidang Sarana Prasarana. Pada Forum ini setiap utusan Kecamatan melakukan koordinasi dan penajaman kembali terhadap usulan aspirasi masyarakat dari setiap Desa/Kelurahan kepada Perangkat Daerah terkait. Penajaman ini dilakukan untuk memastikan kembali ketersediaan anggaran, kondisi lokasi usulan, dan kondisi masyarakat terkait pelaksanaan realisasi usulan pada tahun 2024 nantinya.

Pembangunan Kabupaten Lombok Barat tahun 2024 memiliki prioritas yang menjadi acuan dalam mengakomodir usulan aspirasi masyarakat demi menyelesaikan isu strategis daerah, provinsi dan nasional serta keselarasan pembangunan antara Kabupaten dengan Provinsi maupun Nasional serta untuk mencapai target tahun terakhir RPJMD Kabupaten Lombok Barat  tahun 2019-2024. adapun Prioritas Pembangunan Kabupaten Lombok Barat pada tahun 2024 diantaranya :

1.    Menciptakan iklim investasi yang kondusif;
2.    Pertumbuhan ekonomi dan peningkatan Pendapatan Asli Daerah;
3.    Peningkatan akses pelayanan dasar;
4.    Menurunkan tingkat pengangguran dan penuntasan kemiskinan ekstrim 2024;
5.    Penanganan alih fungsi lahan, pencemaran lingkungan dan kebencanaan;
6.    Reformasi Birokrasi Tematik

Setelah terlaksanya Forum Perangkat Daerah ini maka Perangkat Daerah dapat melakukan penyempurnaan terhadap Rancangan Awal RENJA. dan setiap usulan yang telah dilakukan penajaman akan diteruskan untuk dibahas lebih mendalam pada MUSRENBANG RKPD Tahun 2024 pada awal bulan Maret mendatang.

Bappeda Kabupaten Lombok Barat terus berkomitmen untuk melaksanakan setiap proses perencanaan dengan maksimal sesuai dengan amanah regulasi dan Bappeda bersama seluruh Perangkat Daerah di Kabupaten Lombok Barat akan terus mengawal dan mengupayakan usulan prioritas Desa/Kelurahan untuk dapat direalisasikan pada tahun 2024 demi Terwujudnya Masyarakat Lombok Barat yang Amanah, Sejahtera dan Berprestasi (MANTAP).

-

Muhammad Satrio Ramadhan, S.IP - Bappeda Lombok Barat

 


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *