headerphoto

LOMBOK BARAT UNGGUL, MANDIRI, SEJAHTERA DAN BERMARTABAT DILANDASI NILAI PATUT PATUH PATJU

Pemkab Efisiensikan Anggaran melalui CPC

Jum`at, 19 Agustus 2016 09:26:45 - oleh : deny
Pemkab Efisiensikan Anggaran melalui CPC

GIRI MENANG – Perencanaan program SKPD lingkup Pemkab Lombok Barat, tak jarang dibuat sekadar jadi. Imbasnya, target yang dirancang pemkab sulit terealisasikan dan cenderung tidak tepat sasaran.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Lobar Baehaqi, tak menampik adanya sejumlah program SKPD yang tidak sinkron dengan target pemerintah daerah. Namun kondisi tersebut tidak akan berlangsung lama. Sebab, pihaknya tengah menggodok peraturan bupati mengenai Center Plan Clinic (CPC).
”Tujuannya jelas untuk melakukan sinergisitas dan sinkronisasi antar program SKPD dengan pembangunan daerah,” kata Baehaqi.

Adanya CPC akan membuka ruang untuk seluruh kepala SKPD dan kasubbag program. Sehingga setiap program yang disusun SKPD bisa bersinergi dengan target Pemkab Lobar.

”Ini sifatnya konsultasi, agar program yang sudah baik, menjadi lebih baik, yang kurang kita akselerasi untuk menjadi baik,” ujar dia.

Baehaqi mengatakan, dalam target pemkab yang tertuang dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD), terdapat sejumlah indikator yang menjadi tugas beberapa kepala SKPD.

Misalnya, masalah kemiskinan. Target penurunan angka kemiskinan melekat di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud), Dinas Pekerjaan Umum (PU), mapun Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans).

Fungsi CPC nanti, akan melakukan sinkronisasi antar dokumen perencanaan dari masing-masing SKPD. Untuk kemudian menyinkronkan dan menyelaraskan dengan RPJMD Lobar.

”Ini sebagai ruang kerjasama dan berdiskusi, agar indikator kinerja daerah bisa lebih cepat terakselerasi,” terang Baehaqi.

Lebih lanjut, Baehaqi menjelaskan, CPC ini akan menuntut setiap kepala SKPD untuk lebih pro aktif. Menjadi kewajiban bagi mereka untuk tidak lagi menjalankan program yang asal jadi. Yang ujung-ujungnya hanya menghabiskan anggaran daerah.

”Kita kurangi anggaran yang berlebihan dan tidak berhubungan dengan target pemerintah daerah, untuk kemudian dialihkan ke program-program yang berkaitan langsung dengan target,” tandasnya.
Sementara itu, Asisten I Setda Lobar Baiq Eva Cahyaningsih mengatakan, dari 35 target indikator, pemkab fokus ke delapan target yang harus dicapai dengan cepat. Di antaranya, penurunan angka kemiskinan, rata-rata lama sekolah, penegakan perda, hingga penanaman modal dalam negeri.

”Tapi bukan berarti target lain kita kesampingkan. Masalah perlindungan anak dan pemberdayaan perempuan pun, menjadi salah satu yang harus diperhatikan dengan serius,” tandasnya. (dit/r4)


sumber : http://www.lombokpost.net/

kirim Artikel ini ke teman | versi cetak | Versi PDF

Berita "Berita Lombok Barat" Lainnya

Kalender Event

« Oct 2017 »
M S S R K J S
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30 31 1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11

Presentasi CPC


Testimoni Center Plan Clinic

Seputar Dana Desa



Live Traffic

Pesan Singkat

Online Support

andie
Status YM
deny
Status YM

Statistik Situs


Visitors :789946 Org
Hits : 2300637 hits
Month : 1012 Users
Today : 113 Users
Online : 1 Users