headerphoto

LOMBOK BARAT UNGGUL, MANDIRI, SEJAHTERA DAN BERMARTABAT DILANDASI NILAI PATUT PATUH PATJU

LP2KD 2016

Untitled Document

kemiskinan2016.gifLaporan Percepatan Penanggulangan Kemiskinan Daerah (LP2KD) Kabupaten Lombok Barat ini adalah merupakan Laporan hasil pelaksanaan program-program penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Lombok Barat TAHUN 2015, berdasarkan hasil analisis terhadap capaian-capaian program yang meliputi Bidang Pendidikan, Kesehatan, Infrastruktur dasar, ketenaga kerjaan, lingkungan hidup, dan ketahanan pangan. Disamping itu juga merupakan hasil analisis sisi pendapatan sebagai sumber daya dan sisi belanja dari segi efektivitasnya.

Masalah kemiskinan pada dasawarsa terakhir ini masih menjadi musuh bersama bangsa Indonesia dan merupakan salah satu persoalan mendasar yang menjadi pusat perhatian pemerintah di negara manapun, bahkan di dunia masalah kemiskinan secara khusus tertuang dalam tujuan Sustainable Development Goals (SDGs.).

Penanganan masalah kemiskinan merupakan tanggungjawab pemerintah Pusat dan Daerah beserta seluruh pemangku kepentingan termasuk dunia usaha, yang akan berdayaguna secara efektif jika penangnannya dilakukan lintas sektor dan menjadi tanggungjawab berbagai pihak, serta terkoordinasi dengan baik, bersinergi antar pihak, mempunyai strategi yang jelas, dan terintegrasi antar program-program dalam dokumen perencanaan pembangunan daerah dalam upaya penanggulangan kemiskinan.

Menurunkan angka kemiskinan telah menjadi salah satu acuan penting dalam pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Lombok Barat. Sebagai bahan pendukung pengambilan kebijakan diperlukan adanya analisis yang kongkrit mengenai gambaran kemiskinan di Kabupaten Lombok Barat.

Unduh Laporan Percepatan Penanggulangan Kemiskinan Daerah (LP2KD) Kabupaten Lombok Barat Tahun 2016