headerphoto

LOMBOK BARAT UNGGUL, MANDIRI, SEJAHTERA DAN BERMARTABAT DILANDASI NILAI PATUT PATUH PATJU

Distribusi Pendapatan 2015

Analisis Distribusi Pendapatan Kabupaten Lombok Barat


distribusi 2015.pngPertumbuhan ekonomi yang berjalan dengan pesat berpotensi membawa akibat yang mengkhawatirkan, yaitu dapat menyebabkan terjadinya ketimpangan pada distribusi pendapatan. Meskipun pertumbuhan mampu mengurangi persentase penduduk miskin, namun di lain pihak sebagian penduduk miskin menjadi semakin miskin. Sebagai kelompok negara-negara berkembang, Indonesia telah berhasil dalam menggabungkan pesatnya pertumbuhan ekonomi dengan distribusi pendapatan yang makin merata serta pengurangan kemiskinan absolut yang lebih pesat. Berbagai program pemerataan yang dikenal dengan “Delapan Jalur Pemerataan”, telah dilaksanakan guna menselaraskan antara pertumbuhan ekonomi dengan pemerataan pendapatan masyarakatnya.

 

Banyak orang beranggapan bahwa pertumbuhan ekonomi yang pesat selalu dibarengi kenaikan dalam ketimpangan distribusi pendapatan atau disebut dengan ketimpangan relatif. Dengan kata lain, para ekonom berpendapat bahwa antara laju pertumbuhan ekonomi yang pesat dan distribusi pendapatan terdapat suatu trade off, yang membawa implikasi bahwa pemerataan dalam pembagian pendapatan hanya dapat dicapai jika laju pertumbuhan ekonomi diturunkan. Sebaliknya, pertumbuhan ekonomi yang tinggi selalu akan disertai penurunan dalam distribusi pendapatan atau kenaikan dalam ketimpangan relatif.

 

Oleh sebab itu, Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Barat diharapkan bekerja keras untuk mewujudkan pembangunan ekonomi yang berorientasikan pada pemerataan pembangunan. Adanya sistem pembangunan ekonomi kerakyatan memungkinkan seluruh potensi masyarakat mendapatkan kesempatan yang sama dalam meningkatkan taraf hidup melalui berbagai kegiatan ekonomi. Kegiatan pembangunan di Kabupaten Lombok Barat harus mencakup seluruh wilayah guna pemerataan pembangunan, yang tentunya pembangunan dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat.
Hasil dari suatu proses pembangunan tentunya harus dapat dinikmati oleh semua lapisan masyarakat, secara adil dan merata. Dalam realitanya, pendapatan masing-masing masyarakat berbeda-beda, ada yang pendapatannya tinggi, menengah dan rendah. Salah satu indikator yang digunakan untuk mengukur ketidakmerataan dalam menikmati hasil pembangunan adalah distribusi pendapatan, yaitu pendapatan yang diterima masyarakat.

 

Penyusunan Distribusi Pendapatan Kabupaten Lombok Barat secara umum mempunyai tujuan untuk melihat gambaran umum distribusi atau pemerataan pendapatan di Kabupaten Lombok Barat. Sedangkan secara khusus, penyusunan distribusi pendapatan di Kabupaten Lombok Barat mempunyai tujuan, antara lain :

  1. Menghitung besarnya tingkat distribusi pendapatan masyarakat Kabupaten Lombok Barat.
  2. Mengetahui distribusi pendapatan masyarakat, mulai dari kelompok masyarakat berpendapatan rendah sampai masyarakat berpendapatan tinggi.
  3. Melihat gambaran dan menganalisis tingkat distribusi pendapatan masyarakat menurut karakteristik rumahtangga.
  4. Hasil penyusunan Distribusi Pendapatan Kabupaten Lombok Barat dapat dipergunakan sebagai masukan dalam menyusun langkah-langkah kebijakan yang perlu diambil dan akan dituangkan dalam program pembangunan.

 

Unduh Distribusi Pendapatan Kab. Lombok Barat 2015