headerphoto

LOMBOK BARAT UNGGUL, MANDIRI, SEJAHTERA DAN BERMARTABAT DILANDASI NILAI PATUT PATUH PATJU

PPAS 2017

PPAS2017.jpg

Prioritas Dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Tahun 2017


Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) disusun secara paralel dan sinergis dengan pembahasan Peraturan Daerah tentang Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sebagaimana diamanatkan oleh Peraturan Pemerintah No. 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah dan ditindaklanjuti dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri No. 061/2911/SJ Tahun 2016 tanggal 4 Agustus 2016 tentang Tindak Lanjut PP No 18 Tahun 2016. Dalam penjabarannya, PPAS dirinci kedalam urusan dan organisasi berdasarkan struktur OPD baru.


PPAS berisi program dan kegiatan Perangkat Daerah (PD) disertai alokasi anggarannya ditetapkan sesuai prioritas target pembangunan yang hendak dicapai. Disamping itu pelaksanaan pembangunan daerah juga harus mengacu pada dokumen pembangunan yang telah dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2014-2019 yang merupakan acuan dasar dalam penyusunan dokumen perencanaan pembangunan. PPAS Kabupaten Lombok Barat Tahun 2017 disusun dengan menyelaraskan program dan kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah dengan target kinerja yang telah ditetapkan, secara sinergis juga memperhatikan dokumen Rencana Kerja Pemerintah Provinsi (RKPP) dan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Pusat Tahun 2017. Hal yang penting dan utama adalah menyelaraskan program dan kegiatan yang telah dituangkan dalam Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Lombok Barat Tahun 2017 dan Kebijakan Umum APBD Lombok Barat Tahun 2017.


Penyusunan kebijakan pembangunan Kabupaten Lombok Barat Tahun 2017 disusun melalui suatu mekanisme perencanaan diawali dengan pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dari tingkat Desa, Kecamatan dan Kabupaten. Musrenbang tersebut bertujuan untuk menampung dan mengakomodir semua aspirasi masyarakat. Keterlibatan masyarakat dalam pembangunan (partisipastif) tersebut akan berdampak kepada kebijakan penganggaran dengan memperhatikan kebutuhan prioritas dan anggaran yang efektif serta efisien.


 

Unduh File PPAS 2017