headerphoto

LOMBOK BARAT UNGGUL, MANDIRI, SEJAHTERA DAN BERMARTABAT DILANDASI NILAI PATUT PATUH PATJU

Profil Daerah 2015

Semakin maju suatu daerah, semakin tinggi tuntutan terhadap penyediaan data dan informasi yang akurat. Berdasarkan asumsi tersebut, urgensi penyediaan data menjadi sejalan dengan akselerasi pembangunan yang dilaksanakan suatu daerah. Disamping untuk keperluan perencanaan, data juga diperlukan untuk bahan dalam proses pengambilan keputusan yang efektif.


Penyediaan data dan informasi oleh pemerintah, merupakan upaya yang ditempuh untuk mewujudkan akuntabilitas publik serta membangun citra pemerintah yang bersih, berwibawa dan bertanggung jawab. Manajemen data dan informasi dalam suatu pengelolaan basis data yang terintegrasi akan memudahkan berbagai pihak mengetahui potensi dan permasalahan di suatu daerah. Penyediaan data dan informasi dikemas dalam bentuk basis data profil daerah Kabupaten Lombok Barat yang disertai juga dengan aplikasi Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) yang berlaku secara nasional. SIPD adalah sebuah jejaring dalam pengumpulan data secara terpadu dengan menggunakan teknologi informasi dan merupakan data pembangunan daerah yang diperbaharui secara realtime dan dapat diakses melalui www.sipd.bangda.kemendagri.go.id.


Basis data profil daerah Kabupaten Lombok Barat tersaji dalam 8 (delapan) kelompok data : Data Umum; Sosial Budaya; Sumber Daya Alam; Infrastruktur; Ekonomi; Keuangan Daerah; Politik Hukum dan Keamanan; dan Insidental. Pengelompokan kedalam 8 jenis kelompok data tersebut merupakan standar yang terdapat dalam SIPD yang dimaksudkan agar seluruh daerah di Indonesia melaksanaan pendataan dalam 8 jenis kelompok data yang sama dengan harapan bahwa kondisi masing – masing daerah dapat dibandingkan secara nasional.


Buku Profil Daerah Kabupaten Lombok Barat Tahun 2015 diharapkan dapat dijadikan sebagai referensi dan masukan tentang capaian kinerja, serta menjadi sumber data bagi kebutuhan perumusan kebijakan, evaluasi berikut tindak lanjutnya serta bermanfaat sebagai bahan penelitian serta untuk dapat memenuhi kebutuhan informasi bagi pihak-pihak yang berkepentingan.

 

Unduh Profil Daerah Kab. Lombok Barat Tahun 2015