headerphoto

LOMBOK BARAT UNGGUL, MANDIRI, SEJAHTERA DAN BERMARTABAT DILANDASI NILAI PATUT PATUH PATJU

Lambang Daerah

MAKNA LAMBANG DAERAH KABUPATEN LOMBOK BARAT

 

logo_lobar.jpg
 

Bunga Tanjung (Teratai)

Melambangkan keluhuran Budi dan Tahan Uji sebagaimana sifat Teratai akan tetapi tetap tumbuh pada air yang besar atau kecil bahkan dalam lumpur sekalipun dan bunganya akan tetap menjulang ke atas. Makna yang terkandung didalamnya adalah penduduk Kabupaten Lombok Barat khususnya dan pulau Lombok umumnya adalah ramah, halus perasaan dan hormat sesama serta tahan uji dalam  segala hal, seperti halnya jiwa bangsa pada umumnya.

 

Air 

Dilukiskan dengan beriak lima berupa  garis-garis putih. Maksudnya bahwa daerah Kabupaten Lombok Barat kaya dengan mata air, sehingga sebagian besar daerah ini merupakan daerah pertanian yang subur. Sedang garis putih menggam barkan ketenangan/ketentraman jiwa penduduknya dalam menunaikan tugas kewajibannya, sehingga stabilitas politik dan ekonomi selalu dapat segera teratasi.

 

Kubah 

Melambangkan sifat taqwa, mengandung arti bahwa penduduk Kabupaten Lombok  Barat pada umumnya berjiwa patuh dan taqwa menjalankan ibadah menurut  agama dan keyakinannya masing-masing.

 

Cakra 

Adalah senjata berbentuk bundar, mempunyai empat trisula yang dapat dipakai untuk menangkis dan menyerang dari segala arah. Mengandung arti bahwa penduduk Kabupaten Lombok Barat dengan semangat persatuan membela kebenaran dan memberantas segala bentuk kebatilan serta senantiasa waspada terhadap segala penyelewengan terutama yang membahayakan.

 

Bintang Cahaya 

Digambarkan dengan bintang segi lima yang melambangkan Ketuhanan Yang Maha Esa.

 

Perisai 

Perisai segi lima dasar lambang dilukiskan dengan bentuk yang diperhalus. Mengandung maksud bahwa rakyat dan Pemerintah Kabupaten Lombok Barat tetap mempertahankan dan mengamalkan Pancasila dalam segala usaha dan tindakannya