headerphoto

LOMBOK BARAT UNGGUL, MANDIRI, SEJAHTERA DAN BERMARTABAT DILANDASI NILAI PATUT PATUH PATJU

Industri

Industri merupakan suatu usaha kegiatan pengolahan bahan mentah atau barang setengah jadi menjadi barang jadi yang memiliki nilai tambah untuk mendapatkan keuntungan. Maka industri umumnya juga dikenal sebagai mata rantai selanjutnya dari usaha-usaha mencukupi kebutuhan (ekonomi) yaitu sesudah pertanian, perkebunan dan pertambangan.

Di Kabupaten Lombok Barat juga terdapat potensi industri garam masyarakat dan industri tembakau yang pengelolaannya oleh masyarakat, hal ini tentu sangat potensial untuk dikembangkan mengingat Lombok Barat merupakan wilayah yang mempunyai garis pantai yang cukup luas serta areal perkebunan khususnya tembakau yang cukup signifikan untuk dikembangkan, berikut ini kondisi potensi industri garam dan tembakau yang tersebar di Kabupaten Lombok Barat.

Demikian pula untuk industri kerajinan yang merupakan sektor unggulan Kabupaten Lombok Barat yang secara langsung menopang industri pariwisata harus mendapat prioritas dalam pengembangan pemasarannya, hal ini karena industri kerajinan yang dimiliki telah mendapat pengakuan yang luas baik secara nasional maupun internasional. Berikut ini dijabarkan potensi sektor kerajinan yang dilengkapi dengan nama art shop dan contak person guna mempermudah masyarakat luas untuk berbelanja kerajinan-kerajinan khas Lombok Barat.