headerphoto

LOMBOK BARAT UNGGUL, MANDIRI, SEJAHTERA DAN BERMARTABAT DILANDASI NILAI PATUT PATUH PATJU

Jenis-jenis SOP

JENIS-JENIS SOP PPID Bappeda Kabupaten Lombok Barat

  1. SOP Penyusunan Daftar Informasi Publik
  2. SOP Penyimpanan Informasi Publik
  3. SOP Pelayanan Permohonan Informasi Publik
  4. SOP Pengajuan Keberatan Pelayanan Informasi Publik

 

SOP PENYUSUNAN DAFTAR INFORMASI PUBLIK

Dalam menyusun daftar informasi publik diperlukan berbagai tahap yang terdiri atas tahap pengumpulan informasi, tahap klasifikasi, tahap dokumentasi, tahap penetapan dan pengumuman daftar informasi publik termasuk informasi mengunggah daftar informasi publik dan dokumennya ke dalam website PPID Bappeda, atau website PPID utama.

Tata Cara Penyusunan Daftar Informasi Publik :

  1. Petugas Bidang Pengolah Informasi mengidentifikasi Informasi Publik yang ada di Bawah penguasaan badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Lombok Barat, pada Sekretariat, dan Bidang-bidang.
  2. Petugas Bidang Pengolah Informasi, mengumpulkan seluruh informasi Publik untuk selanjutnya di pilah menjadi Informasi yang wajib disediakan dan diumumkan secara berkala dan Informasi yang wajib tersedia setiap saat.
  3. Setelah informasi Publik dikelompokkan, selanjutnya dituangkan dalam Draft Daftar Informasi Publik untuk dilakukan verifikasi.
  4. Ketua PPID melakukan verifikasi atas informasi publik yang tertuang dalam draft DIP, selanjutnya ditetapkan menjadi DIP oleh atasan PPID. Lebih rinci SOP Penyusunan Daftar Informasi Publik tercantum dalam Lampiran I



SOP PENYIMPANAN INFORMASI PUBLIK

Informasi publik  yang sudah tertuang dalam Daftar Informasi Publik Bappeda Kabupaten Lombok Barat, disimpan dan didokumentasikan  dengan baik, sehingga memudahkan dalam pencarian. Informasi Publik yang akan didokumentasikan diberi kodefikasi terlebih dahulu, sesuai dengan jenis informasi, masa retensi, bentuk informasi tahun pembuatan dll.

Tata Cara Penyimpanan Informasi Publik :

  1. Petugas Bidang Dokumentasi dan Arsip menerima Daftar Informasi Publik yang telah ditetapkan dengan Keputusan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Lombok Barat.
  2. Petugas Bidang Dokumentasi berkoordinasi dengan sekretariat dan Bidang-bidang selaku unit yang bertanggungjawab menerbitkan informasi Publik untuk dapat memberikan dokumen dan informasi public yang tercantum dalam DIP dalam bentuk hard copy dan soft copy.
  3. Petugas Bidang Dokumentasi dan arsip  memberikan kodefikasi.
  4. Dokumentasi dan Informasi yang sudah dikodefikasi disimpan dengan baik dalam bentuk soft copy dan hard copy. Lebih rinci tentang SOP Penyimpanan Informasi Publik tertuang dalam Lampiran II

 

SOP PELAYANAN INFORMASI PUBLIK

Pelayanan Informasi Publik pada lingkungan Bappeda Kabupaten Lombok Barat dilakukan melalui meja pelayanan informasi yang ada pada Sekretariat Bappeda Kabupaten Lombok Barat. Petugas Pelayanan Informasi dilakukan oleh 2 (dua) orang yang bertugas pada meja pelayanan dan 1(satu) orang coordinator bidang pelayanan informasi.

Tata Cara Pelayanan Informasi Publik :

  1. Petugas Bidang Pelayanan Informasi menyiapkan meja pelayanan informasi dilengkapi dengan sarana yang diperlukan seperti :
    • Computer
    • Printer
    • Form-form untuk pelayanan informasi
    • Daftar Informasi public yang dikuasai
  2. Pemohon Informasi mengajukan permintaan informasi public kepada petugas pelayanan informasi.
  3. Petugas Pelayanan Informasi memberikan formulir permohonan informasi untuk diisi oleh pemohon informasi.
  4. Pemohon Informasi mengisi formulir permohonan Informasi public dilengkapi dengan PC identitas diri.
  5. Petugas pelayanan informasi memeriksa DIP, bila informasi yang diminta pemohon ada dalam DIP, petugas informasi dapat langsung memberikannya kepada pemohon dg menandatangani bukti penyerahan informasi public.
  6. Petugas pelayanan memberikan pemberitahuan secara tertulis kepada pemohon informasi, disertai keterangan informasi yang disediakan dalam bentuk soft copy atau hard copy beserta biaya untuk penggandaannya. Lebih lanjut SOP Pelayanan Informasi Publik tercantum dalam Lampiran III.

 

SOP PELAYANAN PENGAJUAN KEBERATAN INFORMASI PUBLIK

Setiap pemohon informasi public dapat mengajukan keberatan terhadap pelayanan yang diberikan oleh petugas pelayanan informasi kepada Atasan PPID berdasarkan alasan-alasan :

  1. Tidak ditanggapinya permintaan informasi
  2. Permintaan informasi ditanggapi tidak sebagaimana yang diminta
  3. Tidak terpenuhinya permintaan informasi
  4. Pengenaan biaya yang tidak wajar
  5. Permintaan Informasi diberikan melebihi waktu yang sudah ditentukan.

 

PPID yang akan memberikan tanggapan atas keberatan yang disampaikan pemohon secara tertulis :

  1. PPID mempersiapkan Daftar keberatan yang disampaikan pemohon dan/atau pengguna informasi.
  2. PPID mengadakan rapat koordinasi dengan Bidang-Bidang selaku pengolah informasi paling lambat 3 hari kerja setelah surat pengajuan keberatan diregistrasi.
  3. Hasil Keputusan Rapat dituangkan dalam BA yang ditandatangani seluruh peserta Rapat.
  4. Hasil Keputusan Rapat didokumentasikan dengan baik, dan dijadikan acuan penyusunan tanggapan atas keberatan.