headerphoto

LOMBOK BARAT UNGGUL, MANDIRI, SEJAHTERA DAN BERMARTABAT DILANDASI NILAI PATUT PATUH PATJU

Nilai Tukar Petani 2015

NTP2.jpgHakikat sosial dari pembangunan adalah upaya peningkatan kesejahteraan seluruh penduduk termasuk penduduk yang bekerja di sektor pertanian. Dalam melakukan perencanaan dan evaluasi pembangunan di sektor pertanian diperlukan beberapa data makro yang dapat digunakan sebagai dasar perencanaan dan pengambilan keputusan kebijakan pembangunan pertanian, salah satunya adalah data Nilai Tukar Petani (NTP).


Nilai Tukar Petani (NTP) adalah rasio antara indeks harga yang diterima petani (It) dengan indeks harga yang dibayar petani (Ib) dalam persentase. It merupakan suatu indicator tingkat kesejhateraan petani produsen dari sisi pendapatan, sedangkan Ib dari sisi kebutuhan petani baik untuk konsumsi maupun produksi. Bila It atau Ib lebih besar dari 100, berarti It atau Ib lebih tinggi dibandingkan It atau Ib pada tahun dasar. Jika NTP > 100, berarti petani mengalami surplus (kenaikan harga produksi lebih besar dari kenaikan harga barang konsumsi dan biaya produksi) sehingga tingkat kesejahteraan petani lebih baik dibandingkan tingkat kesejahteraan petani sebelumnya. Demikian sebaliknya, jika NTP < 100, maka petani mengalami deficit (kenaikan harga produksi relative lebih kecil dibandingkan dengan kenaikan harga barang konsumsi dan biaya produksi) sehingga tingkat kesejahteraan petani pada periode tersebut mengalami penurunan dibandingkan tingkat kesejahteraan petani pada periode sebelumnya. Jika NTP = 100, maka petani mengalami impas/break even (kenaikan/penurunan harga produksi sama dengan kenaikan/penurunan harga barang konsumsi dan biaya produksi) sehingga tingkat kesejahteraan petani tidak mengalami perubahan.


Publikasi Nilai Tukar Petani (NTP) Kabupaten Lombok Barat Tahun 2013 – 2014 ini merupakan suatu kajian tentang kondisi nilai tukar petani di Kabupaten Lombok Barat periode tahun 2013 – 2014 dengan menggunakan data yang bersumber dari hasil pengolahan data sekunder yaitu data yang telah dikumpulkan oleh BPS Kabupaten Lombok Barat dan BPS Provinsi Nusa Tenggara Barat.

 


Unduh Nilai Tukar Petani Tahun 2015