headerphoto

LOMBOK BARAT UNGGUL, MANDIRI, SEJAHTERA DAN BERMARTABAT DILANDASI NILAI PATUT PATUH PATJU

ICOR ILOR 2016

icor2016.jpg

Incremental Capital Output Ratio (ICOR) dan Incremental Labor Output Ratio (ILOR) Kab. Lombok Barat

 

Sebagai kabupaten yang cukup besar di Nusa Tenggara Barat, keberadaan Kabupaten Lombok Barat memegang andil yang cukup besar dalam perekonomian. Dalam periode 2012 hingga 2015 pertumbuhan ekonomi di Lombok Barat selalu berada di atas 5 persen hal ini tentu saja menggambarkan betapa sehatnya iklim perekonomian di Lombok Barat. Dengan kondisi geografis dan sumber daya yang dimiliki, Lombok Barat menjadi salah satu Kabupaten yang cukup potensial untuk berkembangnya investasi. Ekonomi yang tumbuh karena peningkatan investasi selalu menjadi harapan setiap daerah, dan berbagai cara dan promosi dilakukan oleh setiap daerah dalam rangka menarik investor guna berinvestasi di daerahnya.

Investasi merupakan salah satu stimulan yang telah dibuktikan oleh para ahli ekonomi dapat membantu mengembangkan perekonomian suatu daerah. Selain itu keberadaan investasi juga dapat membantu kesinambungan perekonomian suatu wilayah di masa yang akan datang. Kegiatan investasi dapat meningkatkan kapasitas produksi yang akan berimbas pada peningkatan output dan tentu saja akan bermuara pada meningkatnya pertumbuhan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi selalu menjadi target pembangunan karena dengan pertumbuhan ekonomi diharapkan kesejahteraan masyarakat akan ikut meningkat.

Salah satu indikator yang berkaitan dengan investasi yang bisa digunakan untuk evaluasi dan perencanaan pembangunan adalah Incremental Capital Output Ratio (ICOR). Besaran ICOR dapat memperlihatkan seberapa banyak tambahan investasi diperlukan untuk menghasilkan satu unit output. Oleh karena itu besaran ICOR dapat digunakan untuk memperkirakan besarnya kebutuhan investasi pada masa-masa yang akan datang. Selain itu analisis besaran ICOR dapat digunakan pula untuk melihat produktivitas dan efisiensi dari investasi yang dilakukan. Semakin kecil nilai ICOR semakin besar pula efisiensi produktivitas dari investasi yang ditanamkan. Investasi yang sama pada suatu perekonomian dengan ICOR yang lebih rendah akan menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi.

Tersedianya data mengenai ICOR dan ILOR diperlukan dalam perencanaan pembangunan daerah. Aspek perencanaan merupakan faktor penting dalam menentukan arah dan target hasil-hasil pembangunan yang akan dicapai dalam hal ini mengenai iklim investasi. Perencanaan yang telah didasarkan pada data yang tersedia akan dituangkan dalam bentuk kebijakan baik berupa aturan ataupun pembiayaannya untuk kemudian implementasi dari kebijakan tersebut dievaluasi dan dianalisis sehingga dapat dijadikan masukan yang berharga bagi perencanaan pembangunan untuk masa yang akan datang. Dalam perencanaan pembangunan ekonomi, target pertumbuhan ekonomi suatu daerah biasanya telah ditetapkan dalam suatu dokumen perencanaan yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), yang diterjemahkan dalam pedoman kerja daerah yang dikenal dengan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) untuk memenuhi target pertumbuhan ekonomi yang telah ditetapkan.

 

Unduh ICOR ILOR Kab. Lombok Barat Tahun 2016