headerphoto

LOMBOK BARAT UNGGUL, MANDIRI, SEJAHTERA DAN BERMARTABAT DILANDASI NILAI PATUT PATUH PATJU

PDRB Menurut Lapangan Usaha 2010-2014

penggunaan.jpgTujuan utama pembangunan pada dasarnya adalah untuk kesejahteraan rakyat. Hasil pembangunan diharapkan dapat dinikmati secara merata oleh seluruh lapisan masyarakat. Oleh sebab itu monitoring terhadap hasil-hasil pembangunan mutlak diperlukan untuk melihat sampai sejauh mana pembangunan yang telah dilaksanakan berlaku di masyarakat sehingga pembangunan berikutnya dapat dioptimalkan. Untuk mendukung hal tersebut, didalam perencanaan pembangunan sangat diperlukan adanya data atau informasi yang lengkap, menyeluruh dan rinci baik bersifat sektoral maupun lintas sektoral. Penentuan strategi dan kebijakan pembangunan seyogyanya didukung oleh data statistik yang mampu memberi gambaran tentang keadaan pada masa yang lalu dan masa kini serta sasaran yang akan dicapai pada masa yang akan datang.


Berbagai data statistik diperlukan untuk perencanaan pembangunan ekonomi, sebagai dasar berpijak dalam menentukan strategi kebijakan, agar sasaran pembangunan dapat dicapai dengan tepat. Strategi dan kebijakan yang telah diambil pada masa-masa lalu perlu dimonitor dan dievaluasi hasil-hasilnya. Berbagai data statistik yang bersifat kuantitatif diperlukan untuk memberikan gambaran tentang keadaan pada masa yang lalu dan masa kini, serta sasaran-sasaran yang akan dicapai pada masa yang akan datang.


Melalui data PDRB dapat diketahui antara lain, tingkat pertumbuhan ekonomi, struktur ekonomi, pendapatan per kapita, tingkat inflasi dan juga peranan masing-masing kegiatan ekonomi seperti sektor pertanian, industri, perdagangan dan sebagainya. Dengan tersedianya data PDRB secara berkala maka data ini dapat dipakai sebagai bahan perencanaan pembangunan ekonomi suatu daerah terutama dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD).


Unduh PDRB Menurut Lapangan Usaha Tahun 2010-2014