Back to homepage

PDRB MENURUT PENGGUNAAN 2017

PDRB MENURUT PENGGUNAAN 2017

Sejalan dengan perubahan jaman dan tuntutan kebutuhan manusia, kegiatan perekonomian mengalami perkembangan yang semakin kompleks. Mengingat pentingnya kegiatan perekonomian bagi kelangsungan kehidupan masyarakat, maka pembangunan ekonomi di suatu daerah harus dilaksanakan secara berkelanjutan dan berkesinambungan untuk menunjang aktivitas ekonomi masyarakat tersebut. Selanjutnya diharapkan pembangunan di bidang ekonomi mampu menunjang pembangunan di bidang-bidang lainnya.
Proses pembangunan harus dilaksanakan secara menyeluruh dan berkesinambungan. Pembangunan tidak boleh terfokus hanya pada satu aspek saja, dan mengabaikan aspek-aspek lainnya. Selain itu, pembangunan juga harus dilaksanakan secara merata dan menyentuh berbagai lapisan masyarakat di suatu wilayah. Bahkan di era saat ini, pembangunan diarahkan kepada pembangunan ekonomi yang berkelanjutan dengan berwawasan pada lingkungan dan menjamin kualitas lingkungan untuk keberlangsungan hidup dan penghidupan generasi saat ini maupun yang akan datang.

Diperlukan berbagai indikator makro ekonomi baik dalam skala nasional maupun regional, untuk kepentingan analisis perekonomian dan perencanaan guna mendukung otonomi daerah di tingkat kabupaten/kota. PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) merupakan salah satu indikator makro ekonomi yang mampu mencerminkan kegiatan perekonomian di suatu daerah. PDRB sangat penting sebagai bahan evaluasi dan dasar perencanaan bagi pembangunan khususnya di bidang ekonomi agar dapat disesuaikan dengan visi dan misi pembangunan di masing-masing daerah. Oleh karena itu, untuk menjaga kesinambungan pembangunan ekonomi ke depan, maka PDRB perlu disajikan secara terus menerus setiap tahunnya.

Produk Domestik Regional Bruto menurut penggunaan merupakan salah satu gambaran makro dan regional hasil kegiatan seluruh masyarakat di Kabupaten Lombok Barat di lihat dari sisi konsumsi atau penggunaan yang diukur dengan nilai ekonomi yaitu nilai uang.

Data PDRB dalam publikasi ini serta publikasi-publikasi selanjutnya mengunakan tahun dasar 2010, serta sudah menerapkan konsep System of National Accounts 2008 seperti yang direkomendasikan oleh United Nations. Publikasi ini dapat digunakan sebagai acuan perencanaan pembangunan terpadu yang senantiasa diharapkan keakuratan datanya terjaga dan terkoordinasi dari sumber data yang terkait sehingga dapat berdaya guna.

PDRB atas dasar harga berlaku menggambarkan nilai tambah barang dan jasa yang dihitung menggunakan harga yang berlaku pada setiap tahun.Sedangkan PDRB atas dasar harga konstan menunjukkan nilai tambah barang dan jasa yang dihitung menggunakan harga yang pada suatu tahun tertentu sebagai dasar.PDRB atas dasar harga berlaku dapat digunakan untuk melihat pergeseran serta struktur ekonomi. PDRB atas dasar harga konstan digunakan untuk mengetahui pertumbuhan ekonomi pada suatu periode ke periode ( tahun ke tahun atau triwulan ke triwulan). Dalam publikasi ini tahun dasar yang digunakan adalah tahun 2010 dan ini tentu akan mencerminkan struktur ekonomi terkini.

Data PDRB akan berkorelasi positif dengan standar hidup suatu masyarakat, sehingga banyak digunakan untuk mengukur tingkat kesejahteraan masyarakat. Sungguhpun demikian, PDRB sejatinya merupakan ukuran kinerja atau aktivitas ekonomi, sehingga bukan ukuran yang tepat untuk menggambarkan standar kesejahteraan masyarakat. Banyak kritik dilontarkan oleh berbagai pihak mengenai penggunaan PDRB sebagai ukuran kesejahteraan, oleh sebab itu dilakukan langkah alternatif untuk meningkatkan kualitas data PDRB agar lebih akomodatif terhadap pengukuran kesejahteraan tersebut.

 

Unduh Selengkapnya