Back to homepage

Indeks Pembangunan Manusia 2017

Indeks Pembangunan Manusia Tahun 2017

Mencapai pembangunan manusia yang seutuhnya dan pembangunan masyarakat yang menyeluruh menjadi salah satu tujuan yang ingin dicapai oleh setap pemerintahan. Hal ini diwujudkan dengan memfokuskan arah pembangunan pada manusia sebagai obyek sekaligus subjek pembangunan. Manusia merupakan titik sentral yang harus ikut serta berperan aktif dalam pembangunan, dengan kata lain rakyat bukan hanya alat untuk mencapai tujuan akhir pembangunan namun juga sebagai tujuan akhir dari pembangunan itu sendiri. Untuk dapat mencapai tujuan tersebut tentu saja dibutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas yang tidak hanya mampu dan maju namun juga unggul, sejahtera dan bermartabat. Pemerintah telah melakukan berbagai upaya serius untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia, baik itu aspek fisik (kesehatan), aspek intelektualitas (pendidikan), aspek kesejahteraan ekonomi (berdaya beli) dan juga aspek moralitas (iman dan takwa). pembangunan manusia menjadi bagian penting dari prioritas penyelenggaraan pemerintahan.

Pembangunan manusia merupakan pembangunan yang mengintegrasikan potensi lapisan masyarakat. Umumnya pembangunan cenderung difokuskan untuk mengejar pertumbuhan ekonomi yang tinggi, sehingga pembangunan akan dikatakan berhasil apabila pertumbuhan ekonomi yang tinggi dapat tercapai. Namun, fokus pembangunan tersebut kemudian bergeser ke arah pembangunan manusia. Karena terbukti, pertumbuhan ekonomi semata tidak dapat meningkatkan kualitas hidup secara merata. Sehingga Bangsa Indonesia mulai menaruh perhatian secara lebih mendalam terhadap aspek pembangunan manusia.

Untuk memberikan gambaran mengenai situasi pembangunan manusia maka disusunlah publikasi Analisis Pembangunan Manusia. Kehadiran publikasi ini juga menjawab tuntutan akan informasi yang semakin beragam dengan harapan dapat memberikan manfaat untuk perencanaan maupun evaluasi pembangunan.

 

Unduh Selengkapnya