Senteluk Masuk 100 Desa Wisata Program Unggulan Provinsi

Oleh Bappeda Dibaca 22 Kali 24 Jul 2019, 13:27:27Lombok Barat

Senteluk Masuk 100 Desa Wisata Program Unggulan Provinsi

Keterangan Gambar :


Giri Menang (Suara NTB) – Desa Senteluk Kecamatan Batulayar Lombok Barat (Lobar) menjadi salah satu desa yang masuk 100 desa wisata program unggulan Pemprov NTB tahun 2019 ini. Masuknya Desa Senteluk dalam program 100 desa wisata ini, setelah usulan desa terkait model pengelolaan desa wisata melalui BUMDes disetujui oleh Pemprov NTB, sehingga tahun ini desa ini mendapatkan bantuan pembinaan untuk pengelolaan desa wisata setempat. Salah satunya, melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) NTB sudah memfasilitasi pengelolaan wisata bahari.

Ditemui saat turun di lokasi wisata Tanjung Bias Desa Senteluk, Kasi Tata Ruang Laut dan Pengelolaan Perairan Pesisir DKP NTB, Muslim mengapresiasi insiatif dari Desa Seteluk dan masyarakat yang telah mampu mengubah ikon Pantai Tanjung Bias yang selama ini tak terurus menjadi objek wisata baru di pesisir Pantai Batulayar. “Tidak gampang menciptakan objek wisata baru ini karena itu kami dari dinas menindaklanjuti usulan mereka terkait status sebagian pesisir dan sempadan pantai untuk bisa dikelola oleh kelompok masyarakat yang dibina oleh pemdes setempat,” jelasnya, Senin,  25 Februari 2019.

Sebagai bentuk dukungan pihaknya sudah mengusulkan bentuk penguatan objek destinasi wisata berupa perahu wisata, papan objek informasi, kano dan pelatihan-pelatihan untuk penguatan kapasitas SDM. Pihaknya sudah mengusulkan program ini ke Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan pihak KKP sudah melakukan menindaklanjuti dengan turun melakukan verifikasi beberapa waktu lalu. Pihaknya akan melakukan koordinasi  lebih lanjut terkait status jangka panjang ruang pesisir yang nantinya bisa dikelola efektif dan tidak boleh dimiliki oleh perorangan.

Sementara itu Kades Senteluk, Fuad Abdul Rahman mengatakan pihaknya sangat bangga dengan desanya masuk program 100 desa wisata provinsi. Karena sudah ada pengembangan destinasi wisata di desanya. Pihaknya perlu kejelasan dan penetapan status lahan agar tidak ada persoalan di belakang hari. Pihaknya sudah mengajukan izin pengelolaan dan penetapan lokasi Pantai Tanjung Bias sebagai pantai umum pengembangan wisata bahari ke provinsi. “Saat ini kami sangat butuh akses jalan dan PJU menuju kawasan wisata Tajung Bias,”tutur dia.

Ia menambahkan pihak desa sudah mengembangkan desa wisata dengan menyiapkan sejumlah fasilitas yang didanai dari dana desa (DD). Beberapa fasilitas seperti lapak jualan, berugak, 100 titik PJU dan tempat parkir. Sedangkan untuk bangunan kuliner dibangun swadaya dengan masyarakat. (her)

Sumber : https://www.suarantb.com/lombok.barat/2019/02/267695/Senteluk.Masuk.100.Desa.Wisata.Program.Unggulan.Provinsi/



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Website ini sangat bermanfaat bagi anda?
  Sangat Setuju
  Setuju
  Kurang Setuju
  Tidak Setuju
  Tidak Tahu

Komentar Terakhir

  • lalu yunus

    Teknologi geoisolator telah membangkitkan gairah petambak garam untuk meningkatkan ...

    View Article