Senteluk Berharap Dukungan Pemda Kembangkan Desa Wisata Tanjung Bias
Desa Wisata

Oleh Bappeda Dibaca 94 Kali 24 Jul 2019, 13:19:24Lombok Barat

Senteluk Berharap Dukungan Pemda Kembangkan Desa Wisata Tanjung Bias

Keterangan Gambar :


Giri Menang (Suara NTB) – Pemda Lombok Barat (Lobar) dinilai kurang mendukung pengembangan kawasan wisata halal berbasis masyarakat, menyusul kebijakan Pemda mengeluarkan rekomendasi menolak lokasi wisata Tanjung Bias Desa Senteluk Kecamatan Batulayar. Di tengah pemprov NTB mendukung penuh pengembangan wisata kuliner ini dengan menggelontorkan bantuan dana, justru pemda sebaliknya dinilai menghambat perkembangan wisata desa.

Ketua Bumdes Desa Senteluk, Zubaidi, menyayangkan langkah Pemda mengeluarkan rekomendasi asecara sepihak tersebut. Ketika desa mau berkreasi kata dia, justru dihambat oleh pemda dengan mengeluarkan rekomendasi penolakan, seolah tidak ada pertimangan lain.  Padahal kata dia saat pembukaan kawasan ini juga dihadiri oleh bupati bersama istri. Namun yang jadi pertanyaan, justru seolah berbeda dengan OPD yang terbitkan rekomendasi penolakan tersebut.

Seharusnya kata dia pemda mendukung pengembangan kawasan itu untuk dimanfaatkan desa. Sebab bagaimana dengan program pengembangan wisata Tanjung Bias ini, sudah mampu mengurangi tingkat pengangguran masyarakat di sekitar kawasan itu. Selain itu bisa meminimalisir angka kejahatan, sebab sebelumnya di lokasi ini dipakai sebagai tempat minum miras, prostusi.  “Alhamdulillah setelah dikembangkannya kawasan ini, pengangguran bisa ditekan. Praktik minuman keras dan prostitusi juga diminimalisir,” jelas dia.

Meskipun demikian, pihaknya akan tetap merapat dan koordinasi denan pemda, sebab bagaimanapun kata dia pemda tetap menjadi ibu bapak bagi desa. Pihak desa mendapatkan angin segar, menyusul hasil koordinasi dengan Bapenda. Atas saran dari Bapenda, desa bisa kelola parkir dengan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan. Kemudian dari kuliner, kalau rekomendasi tidak diberikan namun minimal diberikan hak kelola tempat. Hal ini kata dia menjadi angin segar bagi Bumdes dan Pemdes serta akan dijadikan acuan mengelola kawasan ini kedepan.

Sementara itu, Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang selaku sekretariat TKPRD Lobar menegaskan, bahwa terkait pengelolaan pantai kewenangan pemprov dan pusat sehingga fungsi koordinasi terus dioptimalkan, termasuk dengan desa. Terkait pengelolaan Tanjung Bias sendiri nanti akan dilihat lagi. “Yang penting kerjasama itu yang perlu kita lihat,” jelas dia. Pihak pemda kata dia tidak mungkin menghambat desa dalam mengembangkan kawasan, namun demikian hal ini perlu dikoordinasikan lagi. (her)

Sumber : https://www.suarantb.com/lombok.barat/2019/06/271865/Senteluk.Berharap.Dukungan.Pemda.Kembangkan.Desa.Wisata.Tanjung.Bias/



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Website ini sangat bermanfaat bagi anda?
  Sangat Setuju
  Setuju
  Kurang Setuju
  Tidak Setuju
  Tidak Tahu

Komentar Terakhir

  • CharlesCof

    [url=http://lasixd7l.com/]buy lasix online[/url] [url=http://prednisonea4.com/]cheap ...

    View Article
  • CharlesCof

    [url=http://cialisn1p.com]http://cialisn1p.com[/url] ...

    View Article
  • CharlesCof

    [url=http://tetracycline1s1.com/]buy tetracycline online[/url] ...

    View Article
  • Bennypah

    [url=http://cialis000.com/]cialis[/url] [url=http://cialisg7.com/]generic cialis[/url] ...

    View Article